Rabu, 9 April 2014

A Mum Of Three Mohd

A Mum Of Three Mohd


Keindahan Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur

Posted: 09 Apr 2014 09:11 AM PDT

Objek wisata pantai Klayar Jawa Timur mungkin masih sedikit yang mengetahui. Hal ini cukup wajar karena kebanyakan objek wisata pantai yang cukup familiar di masyarakat yaitu objek wisata pantai Pangandaran, pantai Ancol, pantai Kuta, pantai Sanur dan pantai Parangtritis. Padahal keindahan panorama pantai Klayar tidak kalah dengan pantai lainnya  yang lebih dikenal luas oleh masyarakat.

pantai klayarBanyak hal menarik yang bisa anda temukan di pantai dan tidak akan ditemukan di pantai lainnya. Selain keindahan pasir putihnya, pantai Klayar juga memiliki karang raksasa yang sepintas mirip dengan Spinx. Kemudian terdapat air mancur alami, air terjun dan batu karang yang cukup indah. Yang mengejutkan adalah sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke pantai Klayar merupakan wisatawan mancanegara. Rupanya ketenaran pantai Klayar lebih dikenal melalui media online sehingga tidak heran banyak wisatawan mancanegara yang tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini.

Lokasi pantai Klayar terletak di Pacitan tepatnya di desa Kalak, kecamatan Doonorojo, Kabupaten Pacitan. Lokasinya sendiri berjarak sekitar 40 km dari kota Pacitan. Pantai ini juga segaris dengan pantai Teleng Ria. Objek wisata pantai Klayar ini juga sangat cocok bagi anda yang memiliki hobi berselancar.
Hal ini karena pantai Klayar memiliki ombak yang cukup besar sehingga bisa digunakan untuk berselancar. Pantai ini juga tidak terlalu banyak dikunjungi wisatawan sehingga anda akan lebih nyaman berlama-lama berada di pantai ini. Kondisi ini mungkin disebabkan keberadaan pantai ini masih belum begitu terpublikasi secara luas selain itu kondisi jalan menuju ke pantai ini masih belum terlalu baik serta fasilitas pendukung yang masih minim.

Kemudian untuk memasuki objek wisata ini anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 per orang jadi jika anda pergi berdua ke pantai Klayar dengan menggunakan motor maka akan dikenakan tarif Rp 6.000. Anda juga harus menyediakan biaya parkir yaitu sebesar Rp 1.000 untuk motor dan Rp 2.000 untuk mobil. Anda tidak perlu khawatir jika merasa lapar disana karena di pantai Klayar sudah berdiri beberapa warung makan seperti warung mie ayam, bakso dan juga soto.

Harganya juga cukup ramah di kantong. Sayang di pantai ini belum memiliki penginapan dan belum ada angkutan umum yang menuju ke objek wisata ini sehingga anda harus menggunakan kendaraan pribadi jika ingin berwisata ke pantai Klayar.
Meskipun minim fasilitas tetapi anda akan dipuaskan oleh keindahan alam dari pantai Klayar yang cukup memikat mata anda.
Jangan lupa untuk mengabadikan efek blow pipe pada pantai ini yang mampu menghasilkan semburan air setinggi belasan meter yang juga diikuti dengan bunyi melengking. Semburan ini terjadi secara periodik dan disebabkan karena adanya tekanan air laut dan udara yang terjebak di dalam saluran air di sepanjang retakan batuan oleh terjangan gelombang.

Keberadaan air mancur alami di pantai ini juga disebabkan karena gelombang tekanan udara di laut yang menghantam batu-batuan yang berongga. Ketinggian dari air mancur tersebut dapat mencapai 10 meter. Untuk rute pantai Klayar dari arah Yogyakarta bisa ditempuh melalui rute jl. Wonosari – Pathuk – Wonosari – Pracimantoro – Giritontro yang bisa ditempuh dengan waktu tiga jam. Dari jalan utama Pracimantoro – Pacitan, anda tinggal belok kanan dan mengikuti papan petunjuk arah dan jarak yang ditempuh sekitar 20 km

gambar : kaskus.co.id


Tiada ulasan: