Selasa, 8 November 2011

Addin

Addin


Gaddafi Mengais-Ngais Makanan Pada Hari-Hari Terakhirnya

Posted: 08 Nov 2011 04:00 PM PST

Sirte, Libya
Kolonel Moammar Khadafy menghabiskan minggu-minggu terakhirnya dengan mengais-ngais makanan dan bersembunyi di rumah-rumah yang ditinggalkan penghuninya di kota kelahirannya, Sirte.

 Hal itu diungkap oleh salah seorang anggota klannya yang masih hidup, Mansour Dao. Diktator Libya itu, yang telah menikmati kekayaan melimpah dan istana-istana mewah selama masa jaya pemerintahannya, pada hari-hari pelariannya hidup tanpa listrik atau TV. Ketika itu para pemberontak Libya terus merangsek masuk ke Sirte.

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan CNN yang disiarkan Senin (7/11/2011), Mansour Dao yang juga salah satu pejabat tinggi keamanan Khadafy, melukiskan kejatuhan mengejutkan pemimpin terlama Libya itu. Dao berbicara dari tempat tahanannya di Misrata. Ia mengisahkan bagaimana Khadafy bertahan hidup dengan memakan sisa-sisa persedian makanan yang ditemukan di rumah-rumah kosong dan bagaimana dia menjadi asyik baca buku yang ia tumpuk dalam koper-kopernya.

Dao menggambarkan perilaku 'tak terduga' Khadafy saat para pemberontak Libya merangsek ke Sirte, dan bagaimana ia merancang sebuah rencana untuk pergi ke tempat kelahirannya, Jaref, sebuah desa yang berjarak 20 kilometer di barat Sirte. Dao, yang menentang rencana ke Jaref itu, mengatakan, "Dia sangat khawatir dan serba tidak menentu - itu bisa jadi karena ia takut. Dia ingin pergi ke desanya, mungkin ia ingin mati di sana atau menghabiskan saat-saat terakhir di sana."

Dao mengatakan, mantan pemimpin yang terdelusi itu percaya bahwa dia tetap menjadi pemimpin Libya. Ia menjelaskan kondisi Khadafy itu dengan mengatakan, "Tidak mudah bagi seseorang yang telah berkuasa selama 42 tahun untuk percaya bahwa itu telah berakhir dalam sekejap."

Ketika ditanya, apakah Dao menyesal telah menjadi bagian dari rezim Khadafy? Dao menjawab, "Kadang-kadang saya menyesali segala sesuatu, saya bahkan menyesal tetap hidup. Tentu saja seseorang memiliki penyesalan pada suatu waktu dalam hidupnya dan melihat kembali ke belakang. Namun sayangnya, kadang-kadang Anda menyesal ketika (penyesalan) itu sudah sangat terlambat."

Dao, yang dikenal sebagai 'kotak hitam' dari rezim yang lalim itu karena pengetahuan yang mendalam tentang sejumlah rahasia gelap Libya, menghadapi dakwaan terkait dugaan perannya dalam pembantaian di penjara Abu Salim tahun 1996 dan keterlibatannya dalam merekrut tentara bayaran Afrika selama konflik yang berujung pada kejatuhan rezim tersebut. Namun dia membantah tuduhan itu.

Dalam wawancara sebelumnya seperti dilansir Daily Mail, Dao, yang bersama Mutassim (salah seorang putra Khadafy) dan rombongan berjumlah 24 loyalis yang siap mati mendampaingi Khadafy, menceritakan bagaimana Khadafy menyerahkan rencana pertempuran pada putra-putranya. Khadafy sendiri, menurut Dao, lebih memilih untuk menyeduh teh di atas kompor batubara dan menuliskan catatan dalam jurnalnya. Dao mengatakan, "Dia (Khadafy) tidak memimpin pertempuran. Putra-putranya yang melakukan itu. Dia tidak merencanakan apa pun atau memikirkan rencana apapun."

Menurut Dao, pada hari penangkapan Khadafy, sebuah konvoi yang membawa para loyalis, mantan pemimpin Libya itu dan Dao yang naik sebuah Toyota Landcruiser, melesat keluar dari Sirte untuk mencoba melarikan diri. Namun mereka terhadang serangan udara NATO. Khadafy dan Dao terluka dan ditangkap. Diktator itu kemudian tewas pada hari itu juga.

Para pejabat Libya menyatakan, Khadafy tewas dalam baku tembak antara pejuang revolusioner dan loyalis. Namun rekaman video yang beredar telah menunjukkan bahwa Khadafy dipukul dan disiksa oleh para penangkapnya. Pemerintah sementara Libya telah setuju, atas tekanan internasional, untuk membuka penyelidikan terhadap kematiannya.

Dao mengatakan, ia sendiri tak sadarkan karena luka-lukanya sebelum penangkapan Khadafy dan ia tidak tahu apa yang terjadi pada Khadafy. "Saya merasa kasihan padanya karena dia meremehkan situasi itu," kata Dao. "Dia bisa saja pergi dan lari ke luar negeri lalu hidup bahagia."

Masih menurut Dao, selama di Sirte, sang tiran dan rombongannya berpindah tempat persembunyian setiap empat hari. Para loyalis di kota itu dipimpin Mutassim, yang semula memimpin sekitar 350 orang. Banyak dari mereka kemudian melarikan diri dan menjelang akhir pertempuran, kekuatan mereka hanya tinggal sekitar 150 orang.

Dao melukiskan kondisi terakhir Khadafy dengan mengatakan, "Dia tertekan, dia benar-benar marah. Seringkali ia hanya sedih dan marah. Dia percaya rakyat Libya masih mencintainya, bahkan setelah kami mengatakan bahwa Tripoli telah diduduki./kompas

Pencacai UMNO Wajib Baca Ni!!..

Posted: 08 Nov 2011 08:41 AM PST

Mufti terkejut PM, Rosmah selesai tunai ibadah haji

Mufti Perlis Dr Juanda Jaya melahirkan rasa agak terkejut dengan laporan berita bahawa seorang pemimpin kanan negara bersama isterinya serta orang kenamaan lain telah selesai ibadat haji. Menurutnya, sedangkan paling awal jemaah haji akan menamatkan ibadat mereka adalah pada waktu Zohor hari ini itupun jika mereka melakukan nafar awal iaitu setelah selesai bermabit di Mina malam 11 dan 12 Zulhijjah dan melontar tiga jamrah pada dua hari berkenaan.

"Haji hanya akan selesai paling awal pada 12 Zulhijjah atau Selasa 8 November. Bagi yang melakukan Nafar Thani dan mahu melengkapkan tempoh bermabit dan melontar di Mina mereka akan selesai haji pada 9 November bersamaan 13 Zulhijjah.

"Melainkan kalau yang berkenaan tidak mahu menyelesaikan urusan wajib haji yang dua di atas dan hanya mahu membayar dam atau denda akibat tidak selesaikan wajib haji. Itu hal lain," kata mufti itu dalam satu kenyataan kepada Malaysiakini.

Bernama pada Ahad lalu, melaporkan Perdana Menteri Datuk Seri Najib Razak dan isteri Datin Seri Rosmah Mansor selesai menunaikan ibadah pada 6 November. Laporan itu berdasarkan twitter Najib yang menulis: "Alhamdulillah urusan haji kami sudah selesai."

Menunaikan rukun Islam kelima itu bersama Perdana Menteri ialah ibu beliau, Tun Rahah Mohamad Noah dan adik Najib, Datuk Mohamed Nazim, serta Menteri Besar Perak Datuk Seri Zambry Andul Kadir. Mengulas laporan itu, Juanda berkata pihak berkuasa perlu memberikan penjelasan supaya rakyat tidak terkeliru.

"Sesuatu perlu diperjelaskan? Kita mahukan VVIP kita mendapat nasihat agama yang benar, bukannya hanya ikut ikutan sahaja. "Jika tidak ia akan memalukan VVIP berkenaan dan Malaysia sebagai sebuah negara Islam," katanya lagi./mk

Addin :

Mana pencacai dan penjilat Umno yang hentam blog Addin semalam? Hang boleh tolong jawab ke isu ini bagi pihak Najib, Rosmah kuncu-kuncunya? Pemimpin negara Islam konon..kah..kah..kah.. lu semua kantoi!!
 

Ini Bukti Anwar Ibrahim Sudah Pergi Haji

Posted: 08 Nov 2011 02:42 AM PST


Ini jawapan Anwar kepada pencacai yang sibuk bertanya soalan bodoh bila heboh satu dunia Najib dan Rosmah ke Mekah mengerjakan haji sambil di iring oleh 24 pengawal..

"Gaddafi Sudah Pergi, Saya Pun Pulang"

Posted: 07 Nov 2011 11:00 PM PST

Seorang penulis AS yang hilang di Libya setelah bertempur di garis depan dalam revolusi negara itu telah kembali ke AS. Matthew Vandyke, 32 tahun, dari Baltimore, Maryland, ditangkap dalam sebuah misi pengintaian di negara Afrika utara itu. Ia kemudian dikurung selama lima bulan di penjara Libya.

 Ketika ia akhirnya bisa melarikan diri, penulis lepas dan pembuat film itu memutuskan untuk tetap tinggal di garis depan sampai Khadafy jatuh. Saat tiba di Baltimore-Washington International Marshall Airport, ia memegang bendara baru Libya dan mengenakan seragam militer. Vandyke berteriak, "Kemenangan! Kami menang!" Ia disambut ibunya dan pacarnya. Dia pergi ke Libya pada Februari, beberapa hari setelah pemberontakan melawan diktator Moammar Khadafy pecah di negara itu.

Setibanya di bandara dekat rumahnya itu, Sabtu (5/11/2011), ia mengungkapkan, ketika hendak ke Libya, ia mengatakan kepada keluarganya bahwa ia berencana untuk mendokumentasikan revolusi di Libya untuk sebuah film dan buku yang sedang ia kerjakan. Namun pada kenyataanya, itu selalu berniat untuk terlibat dalam pemberontakan. "Kamu jangan memberitahu ibu dan pacarmu bahwa kamu akan pergi berperang," katanya pada Sabtu malam seperti dikutip Daily Mail, Minggu.

"Ketika saya melarikan diri dari sebuah penjara (Libya), saya berniat untuk menyelesaikan apa yang saya harus lakukan. Jadi beberapa minggu terakhir ini saya berada dalam pertempuran di garis depan di Sirte dalam memerangi pasukan Khadafy."

Pada awal tahun ini, Vandyke masih berada di Baltimore untuk mengerjakan sebuah buku dan film tentang perjalanan sepeda motor di Timur Tengah dan Asia Tenggara. Ketika itu teman-temannya di Libya mulai menceritakan bahwa keluarga mereka menghilang. Dia mengatakan, "Saya tidak bisa hanya duduk dan membiarkan (penghilangan) itu terjadi pada orang-orang yang saya kasihi dan tidak berbuat apa-apa. Saya melihat bagaimana orang-orang menderita di bawah rezim seperti itu dan sudah waktunya itu harus diakhiri."

Vandyke berada dalam sebuah misi pengintaian di Brega ketika ia ditangkap pasukan Khadafy. Dia lalu dijebloskan ke penjara Libya selama lima bulan lebih. Saat melewati periode itu, ia menyanyikan lagu-lagu Guns n 'Roses buat dirinya dan mencoba untuk menamai semua karakter film Star Trek. Ia mengatakan, ia menderita dampak psikologis dari kurungan itu.

Dalam upaya untuk membebaskan putranya, Sharon Vandyke pergi ke Turki dengan membawa foto putranya itu guna berbicara dengan para diplomat Libya. Namun sampai Juli, para pejabat Libya membantah Vandyke ditahan.

Ketika penjara Abu Salim di Tripoli dibom pada Agustus, teman-teman sesama tahanan membuka sel Vandyke dan ia pun melarikan diri. Dia menuju ke sebuah kompleks, di mana ia meminjam telepon untuk menelepon ke rumah.

Anggota keluarga dan Departemen Luar Negeri AS mendesak ia untuk kembali. Namun ia mengatakan, ia ingin menyelesaikan apa yang dia lakukan di sana. Dia menuturkan, "Saya menghargai bahwa mereka menghabiskan waktu dan tenaga untuk mencoba membantu saya dan dengan mengangkat kisah saya, mereka mencegah rezim mengeksekusi saya dan saya sangat bersyukur untuk itu. Jika mereka benar-benar membuat saya dibebaskan, ya, saya mungkin akan pulang. (Namun) saya tidak patuh dan saya pergi bersama tahanan lainnya. Saya membebaskan diri saya dan pulang ketika saya ingin pulang."

Pacarnya, Lauren Fischer, mengatakan kepada Associated Press, sulit begitu mengetahui bahwa dia selalu merencanakan untuk berperang dalam revolusi Libya. Fischer berkata, "Yang saya tahu ia pergi ke sana untuk membantu teman-temannya, bukan untuk berperang, tetapi untuk membantu teman-temannya. Namun setelah lima setengah bulan tidak tahu pasti di mana dia berada, bukan itu yang saya pikirkan. Bagi saya, lebih penting mengetahui bahwa ia aman dan baik-baik saja."

Ketika memutuskan akan bertahan sampai Khadafy tumbang, Vandyke bergabung dengan Brigade Ali Hassan al-Jaber dari Tentara Pembebasan Nasional Libya. Setelah Khadafy ditangkap dan dibunuh bulan lalu, Vandyke pergi ke Tripoli untuk merayakan peristiwa itu. Setelah itu ia berpikir bahwa ia bisa kembali ke rumah. Dia mengatakan, "Saya senang berada di rumah. Saya senang pekerjaan itu selesai. Saya tidak akan pulang sampai Khadafy tumbang dari kekuasaan. 
Dia sudah pergi, jadi saya pun pulang. "Sharon Vandyke mengatakan, "Banyak waktu hidup putranya telah diberikan ke negara lain. Saya tahu orang Libya menghargai itu. Saya sangat bangga bahwa ia mengikuti komitmennya. Saya tidak pernah mencoba untuk membuatnya pulang. Saya mengatakan kepadanya bahwa saya akan mendukung keputusannya."/kompas
Addin :
Penulis atau perisik barat yang sama-sama menumbangkan kepimpinan Gaddafi?

Ku Li Tinggalkan Umno Hari Ini

Posted: 07 Nov 2011 09:00 PM PST

Khabar angin bertiup kencang tentang kemungkinan Tengku Razaleigh Hamzah (Ku Li) akan meninggalkan Umno hari ini. Khabar dari angin turut mengatakan satu sidang akhbar akan diadakan hari ini, hari Selasa bersamaan dengan 8 November 2011 di kediaman veteran Umno Kelantan tersebut. Blogger Rocky Bru dan Apanama turut memuatkan tentang khabar angin ini disini dan disini.

Jika benar Ku Li meninggalkan Umno, parti manakah yang akan beliau sertai? Parti dalam Pakatan Rakyat seperti PKR, PAS dan DAP atau Parti KITA (yang dijenamakan semula dari nama asal AKIM)? Atau Ku Li hanya akan menjadi ahli parlimen bebas dan menggerakkan NGO Amanah yang beliau tubuhkan baru-baru ini?

Jika benar khabar dari angin ini, satu lagi tamparan hebat kepada Barisan Nasional pimpinan Najib-Muhyiddin. Kita tunggu dan lihat sama ada benar atau tidak khabar yang datang dari angin ini./aminiskandar

Serangan Israel Ke Atas Iran Mungkin Terjadi

Posted: 07 Nov 2011 07:00 PM PST

Suasana kian memanas di kawasan Timur Tengah. Sabtu malam kemarin, Presiden Israel Shimon Peres mengatakan kalau serangan militer ke Iran sangat mungkin terjadi. Sementara, laporan PBB terkait program nuklir Iran akan dirilis pada Selasa (8/11/2011). "Intelijen di berbagai negara yang mengawasi Iran merasa sangat khawatir dan menekan pemerintah mereka untuk memperingatkan bahwa Iran sangat siap menggunakan senjata nuklir," kata Peres dalam sebuah wawancara televisi.

"Kita harus memperhatikan negara-negara ini dan memastikan mereka menjaga komitmen. Ini harus dilakukan dan banyak pilihan untuk melakukannya," tambah Peres sebagaimana warta AP dan AFP. Sebelumnya, surat kabar Haaretz melaporkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Ehud Barak mencari dukungan kabinet untuk menyerang Iran. Israel dan negara-negara Barat menuding Iran tengah mengembangkan senjata nuklir.

Haaretz melaporkan belum diambil keputusan apapun soal serangan militer ke Iran. Tetapi, hasil laporan pengawas nuklir Iran itu akan menjadi salah satu acuan keputusan pemerintah Israel. Dalam laporannya, Haaretz mengatakan sebanyak 15 anggota kabinet keamanan Israel sejauh ini masih menentang rencana serangan militer ke Iran.

Sebelumnya, Badan Urusan Nuklir Dunia (IAEA) memfokuskan perhatiannya pada usaha Iran memproduksi uranium dan plutonium yang dapat digunakan untuk pembangkit listrik maupun pembangunan persenjataan nuklir. Namun, laporan terbaru ini nampaknya akan fokus pada upaya Iran memasang material radioaktif pada hulu ledak dan membangun peluru kendali untuk membawa hulu ledak nuklir itu.

Terburuk

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi mengatakan laporan soal nuklir Iran itu didasarkan pada klaim-klaim palsu. "Saya yakin dokumen itu sangat lemah dari sisi keasliannya. Namun jika mereka berkeras, silakan rilis dokumen itu. Lebih baik sesekali langsung menghadapi bahaya dari pada selalu dalam bahaya," kata Salehi seperti dikutip sejumlah media Iran.

Para ahli Israel menggambarkan program nuklir Iran harus diwaspadai. Sementara itu Menlu Israel Avigdor Lieberman mengatakan laporan IAEA itu akan mengungkap tujuan militer Iran sesungguhnya. Lieberman secara terbuka berharap Iran akan menjadi sasaran sanksi dunia internasional selanjutnya.

Israel secara konsisten memperingatkan pilihan yang tersisa terkait program nuklir Iran yang dikhawatirkan negara-negara barat bisa memicu perang nuklir. Namun, berulang kali pula Iran membantah ambisi membangun persenjataan nuklir dan menegaskan nuklir digunakan negeri itu untuk pembangkit listrik dan tujuan damai lainnya. Meski demikian, Kementerian Luar Negeri Iran menegaskan negeri itu siap menghadapi semua kemungkinan terburuk./kompas

Tiada ulasan: