Nuffnang

Pengikut

kalam Perantau

sumber :-

kalam Perantau


Wacana 30 tahun PAS Sabah

Posted: 03 Oct 2016 07:34 PM PDT

Oleh Shuhaimi al-Maniri

Wacana 30 tahun PAS Sabah saya telah dijemput untuk berwacana oleh PAS Sabah sempena dengan sambutan ulang tahun ke30 PAS Sabah bersama dengan Dr. Fadli Ghani. Fadli membentangkan tajuk, "Tiga dekad PAS Sabah : Asal mula penubuhan dan perkembangan" selepas tayangan video Hj Subky Latif berhubung dengan Sejarah penubuhan PAS Sabah. Manakala saya pula diminta membentangkan tajuk, Melangkah 30 tahun ke hadapan Politik Digital PAS Sabah" Tajuk politik digital ini agak baru kepada masyarakat kita, apatah lagi dalam konteks PAS.

Tetapi penggunaan media untuk suatu kempen politik khususnya tv/radio, akhbar/majalah dan media internet adalah amat popular dan menjadi media utama dalam meningkatkan keberkesan dalam kehidupan politik.

Perkembangan teknologi di era digital sekarang ini telah memudahkan aspek politik untuk masuk lebih mudah dan lebih terbuka ke dalam setiap buah rumah. Dalam hal ini media sosial memiliki peranan yang penting dalam berbagai aspek kehidupan sosial masyarakat modern termasuk kehidupan berpolitik. Para tokoh memanfaatkan media sosial dengan berbagai tujuan, untuk mempercepat proses perubahan sosial, untuk kempen politik, iklan dan propaganda.

Apa Itu Politik

Dari apa yang saya baca, perkataan politik berasal dari bahasa Yunani. Bermula dengan perkataan, polis yang artinya kota atau negara, yang kemudian muncul perkataan polities yang artinya warga negara dan perkataan, politikos yang artinya kewarganegaraan. Menurut bahasa Yunani "Politikos" berarti dari, untuk, atau terkait hubungan dengan warga negara", jadi perkataan politik adalah praktik dan teori untuk mempengaruhi orang lain. Dalam pengertian yang sempit, politik mengacu pada pencapaian atas posisi pemerintahan dalam melatih, mengorganisi, dan mengawasi masyarakat, khususnya dalam suatu negara.

Selanjutnya, dikatakan politik adalah satu bidang studi yang pada praktiknya mendistribusikan suatu kekuasaan dan menunjukan sumber daya dalam suatu kehidupan bermasyarakat (populasi merupakan hierarki yang terorganisir) serta memiliki konteks hubungan antara masyarakat Jadi bolehlah dikatakan, Politik adalah seni tentang kenegaraan yang melibatkan proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain wujudnya proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeza mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik.

Di samping itu politik juga dapat ditilik dari sudut pandang berbeda, yaitu antara lain:  politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristotele)

  • politik adalah hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara
  • politik merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat
  • politik adalah segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik.

Definisi Digital dan Teknologi Digital

Perkataan Digital juga berasal dari bahasa Yunani yaitu Digitus yang berarti Jari Jemari. Biasanya mengacu pada sesuatu yang menggunakan angka, terutama bilangan angka biner. menggunakan angka 1 dan 0, diatur dalam kode yang berbeda untuk memudahkan pertukaran informasi. 1 dan 0 juga disebut sebagai bit (Binary Digit) dari kata digit biner yang mewakili potongan terkecil dari informasi dalam sistem digital.

Jika dikaji sistem digital maka tidak akan terlepas dari perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi dalam sistem digital telah menjadi pendorong revolusi komunikasi memacu pengembangan komunikasi baru, informasi teknik manipulasi, dan peralatan komunikasi yang sudah ada sebelumnya.

Teknologi digital, adalah teknologi yang tidak lagi menggunakan tenaga manusia, atau manual. Tetapi cenderung pada sistem pengoperasian yang otomatis dengan sistem komputerisasi atau format yang dapat dibaca oleh komputer. Teknologi digital pada dasarnya hanyalah sistem penghitung yang sangat cepat yang memproses semua bentuk-bentuk informasi sebagai nilai-nilai numeris.

Politik di era digital

Dalam teori politik, rendahnya penyertaan politik dapat diatasi oleh faktor modernisasi dan meningkatnya komunikasi massa. Sehingga dikatakan teknologi digital sebagai produk modernisasi dan alat komunikasi yang memiliki massa yang besar turut memberikan peningkatan angka penyertaani masyarakat pada suatu politik.

Politik digital atau istilahnya lainnya Cyberpolitics (politik didunia maya) memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada saat ini. Teknologi digital memiliki peranan dalam dunia politik, yakni bagaimana cara seorang tokoh politik dapat melakukan komunikasi politik yang baik dan tepat.

Teknologi komunikasi atau informasi adalah istilah yang merujuk pada teknologi komunikasi modern yang terutama mencerminkan aplikasi komputer, telekomunikasi, atau kombinasi dari keduanya. Termasuk TV yang disiarkan secara global, dan tentu termasuk perangkat yang digunakan sebagai media sosial seperti i-pad dan smartphone.

Clarke dan Knake (2010) membahas bagaimana pemanfaatan teknologi di era digital khususnya internet, menjadi ajang baru dalam "perang antar Negara" dan bagaimana Negara dapat bertahan dalam peperangan cyber tersebut. Maka tidak mengherankan jika teknologi digital digunakan oleh seorang pemimpin suatu negara untuk mengancam pemimpin negara lain. Contohnya, pada bulan Agustus 1999, Jose Ramos Horta mengancam bahwa jika Indonesia tidak menyelenggarakan referendum bagi kemerdekaan timor timur, maka pasukan cyber dari seluruh dunia akan meretas sistem komputer yang vital, terutama dalam bidang pertahanan dan perbankan.

Tanpa memperincikan satu persatu yang saya bentangkan dalam Wacana tersebut, diatas inpitapi politik digital yang saya cuba bentangkan kepada PAS Sabah untuk mendepani 30 tahun kehadapan politik digital PAS Sabah.


Comments (0)

BLOG - BLOG PAKATAN RAKYAT